Selamat datang di blog diaryku.....


13/06/2009

Resep Mertua

Sejak pindah ke rumah sekarang ini dari tahun 2002, aku tidak pernah mendapat air bersih. Pertama kali ngebor posisi di belakang rumah, air yang dihasilkan pertama kali bening tapi setelah didiamkan berapa lama berubah menjadi berkabut dan meninggalkan noda kuning di tempat penampungannya, dan juga di pakaian yang dicuci. Lama2 baju yang tadinya putih berubah menjadi kuning..
Setelah diusahakan supaya bisa menjadi bening tetap tidak bisa, akhirnya kami memutuskan untuk menggali lagi dengan posisi di depan rumah. Kami berharap mendapat air yang lebih berkwalitas. Setelah mengeluarkan sekian banyak uang tentunya kami berharap mendapat hasil yang maksimal, tapi apa daya ternyata air yang kami dapat tak jauh beda dengan galian yang pertama. Aku menjadi bingung karena tetangga sebelah kami mendapat air yang bersih dan bisa diminum dari awal digali. Sedangkan kami sudah dua kali ngebor tetap tidak mendapatkan air bersih, sedangkan jarak rumahku dengan tetangga sebelah tidak begitu jauh.
Demikianlah aku menjadi orang yang paling dirugikan dalam hal ini. Karena akulah tukang cuci di rumah ini. Dengan tenaga yang dikeluarkan, tidak sesuai dengan hasil yang didapat. Semua baju putih lambat laun berubah warna jadi kuning, sehingga aku trauma untuk membelikan anakku baju berwarna putih. Aku menjadi malu karena seragam anakku adalah yang paling kumal diantara teman2nya. Sedang suami bukannya mencarikan solusi malah berkesan menyalahkan aku yang ga becus melaksanakan tugas.
Pada puncak putus asa aku berada dalam keadaan stress tingkat tinggi ( dalam urusan cuci mencuci tentunya ) anakku yang nomor dua pulang dari rumah mbahnya alias mertuaku setelah beberapa hari menginap. Anakku memberi laporan," Ma liat donk baju kaosku da bersih dicuciin sama mbah". Setelah aku perhatikan memang bajunya menjadi lebih cerah dari biasanya. Segera aku telpon ibu mertuaku ingin mengetahui rahasianya.
Berikut cara-cara yang diajarkan oleh mertuaku mudah-mudahan ini bermanfaat bagi orang2 yang mempunyai masalah yang sama denganku.
  1. Pisahkan pakaian putih dengan yang berwarna
  2. Rendam pakaian putih dengan deterjen yang dicampur dengan pemutih sebanyak 3 tutup botol pemutih
  3. Sedang baju yang bewarna cerah cukup menambah pemutih 1 tutup botol saja
  4. Rendam pakaian putih agak lama dibanding yang bewarna
  5. Cucilah pakaian seperti biasa
  6. Setelah bilasan terakhir, rendamlah pakaian putih dengan larutan sitrun acid (bahan untuk membuat es buah ) sekucupnya, rendam selama 1 jam
  7. Setelah itu baru dibilas kembali
  8. Keringkan segera pakaian supaya noda air tidak sempat nempel dibaju
Demikianlah setelah aku mencoba cara-cara di atas akhirnya pakaian2 putih yang tadinya berubah warna jadi kuning sekarang sudah kembali ke warna asalnya bahkan lebih cerah. Alhamdulillah masalahku dalam urusan cuci mencuci telah mendapat jalan keluar, sekarang mencuci menjadi hal menyenangkan bagiku. Mudah2an bagi anda juga. Sekarang beli baju putih....siapa takut....Thanks to my mother inlaw..

No comments:

Post a Comment